Sabtu, 16 April 2016

Injection & karbu

Baru-baru ni istilah motor INJECTION sedang ramai di pasaran... kenapa? Saya jawab sendiri..... sbab generasi karbu lambat laun di happppuuuusss.

Ternyata antara motor karbu & injection punya otak......
Mungkin sobat semua ga asing ama yg namanya CDI di mtr karbu & ECU di injection.
Nah ada yg tahu apa fungsinya?
 CDI ----- > Capasitor Discharger Ignition adalah modul yg mengatur timing pengapian secara elektronic.
CDI memerintahkan coil untuk mengeluarkan arus tegangan tinggi antara 10.000 - 20.000 volt ke Busi agar busi memercikan bunga api.
Bunga api tersebut yg membakar gas yg udah dikompresikan di ruang bakar hingga terjadilah ledakkkkkaaaaaan.

Nah gimana dengan ECU --- Electronic Control Unit ?
Tugasnya lebih kompleks lagi karna selain mengatur timing pengapian tapi juga mengatur semprotan bahan bakar yang dilengkapi banyak sensor-sensor
 Seperti :
TPS : Throtle position sensor
IAPS : Intake Air pressure Sensor
ISC : Idle Speed Control
IAT : intake air temperature
IACV : intake air cut valve
MAP : manifold absolute pressure

Nah terbukti ECU punya banyak sensor & setiap merk punya sensor bermacam2.

Untuk mengecek kerusakan sensor bisa di pantau melalui kedipan lampu MIL atau pake alat khusus scaner.

Belum selesai Insya Allah nanti disambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar