Baru-baru ni istilah motor INJECTION sedang ramai di pasaran... kenapa? Saya jawab sendiri..... sbab generasi karbu lambat laun di happppuuuusss.
Ternyata antara motor karbu & injection punya otak......
Mungkin sobat semua ga asing ama yg namanya CDI di mtr karbu & ECU di injection.
Nah ada yg tahu apa fungsinya?
CDI ----- > Capasitor Discharger Ignition adalah modul yg mengatur timing pengapian secara elektronic.
CDI memerintahkan coil untuk mengeluarkan arus tegangan tinggi antara 10.000 - 20.000 volt ke Busi agar busi memercikan bunga api.
Bunga api tersebut yg membakar gas yg udah dikompresikan di ruang bakar hingga terjadilah ledakkkkkaaaaaan.
Nah gimana dengan ECU --- Electronic Control Unit ?
Tugasnya lebih kompleks lagi karna selain mengatur timing pengapian tapi juga mengatur semprotan bahan bakar yang dilengkapi banyak sensor-sensor
Seperti :
TPS : Throtle position sensor
IAPS : Intake Air pressure Sensor
ISC : Idle Speed Control
IAT : intake air temperature
IACV : intake air cut valve
MAP : manifold absolute pressure
Nah terbukti ECU punya banyak sensor & setiap merk punya sensor bermacam2.
Untuk mengecek kerusakan sensor bisa di pantau melalui kedipan lampu MIL atau pake alat khusus scaner.
Belum selesai Insya Allah nanti disambung
KLINIK MAMAN MOTOR Jl. Desa Karangjambu Rt. 02 Rw. 07 No. 4a Kec. Balapulang - Tegal Kami Melayani segala merk Motor Servis Motor Injection & Karburator Khusus motor Injection kami servis menggunakan teknologi komputer sebagai alat penujang dalam melakunkan diagnosa kerusakan pada system Injection seperti Reset ECU/ECM, Seting CO,Remap ECU, Keyles dll
Sabtu, 16 April 2016
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
POSISI SOKET DLC YAMAHA : Vixion old / new => Bawah jok Vixion advance => Di atas lampu belakang Jupiter z1 => cover kanan bawah...
-
POSISI SOKET DLC MOTOR HONDA : Verza ==> Dibawah jok CB150R ==> Dibawah tangki sebelah kiri NEW CBR150R==> Bawah jok belakang CB...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar